nusakini.com-- Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin (LHS) meresmikan mock up pesawat di asrama haji Makassar. Mock up tersebut disiapkan Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) dan PT Garuda Indonesia. 

"Mockup pesawat ini pasti akan bermanfaat bagi jemaah. Mereka akan terlatih dan tenang ketika berada di pesawat setelah mengikuti manasik perjalanan dengan model pesawat yang seperti aslinya," papar Menag di Makassar, Rabu (12/07).  

Menag mengapresiasi sinergi BPS BPIH dan Garuda Indonesia dalam menyiapkan layanan tersebut. "Semoga semua embarkasi memiliki mock up sejenis demi peningkatan pembinaan dan pelayanan kepada jemaah haji," harapnya. 

Peresmian mockup pesawat dilakukan bersamaan dengan uji coba makanan jemaah haji selama penerbangan (meal test) dan pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Makasar. Kepada para petugas haji, Menag berpesan agar menguasai semua bentuk layanan kepada jemaah.

"Pengelolaan haji bukanlah hal yang sederhana. Petugas harus kooperatif kepada jemaah haji karena sekitar 98% jemaah haji merupakan jemaah baru dan belum punya pengalaman bepergian jauh,” ujarnya.  

“Semua petugas harus ikhlas bekerja melayani tamu Allah. Jangan hanya terpaku pada bidang tugasnya, semua tahapan penyelenggaraan haji harus dikuasai. Semua harus dapat memberikan pelayanan dan penjelasan informatif secara utuh kepada jemaah haji dari tahap pemberangkatan sampai dengan penulangan," sambungnya. 

Tampak hadir dalam kesempatan ini, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahda Barori, Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Ramadhan Harisman, serta Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki. (p/ab)